JudulEFEKTIVITAS BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SMP LABSCHOOL PALU |
Nama: WISDADARI SHAR UMAGO |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Wisdadari Shar Umago, 2024. “Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Berbicara Siswa SMP Labschool Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana, Universitas Tadulako, Pembimbing Asrianti, S.Pd., M.Pd Dalam pembelajaran peserta didik kurang berpartisipasi aktif, karena media pembelajaran kurang menarik dan membosankan dalam pembelajaran konvensional dan tidak memberikan pengalaman yang konkret. dalam proses kegiatan pembelajaran di kelas. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas multimedia pembelajaran interaktif dalam menstimulasi kemampuan berbicara siswa siswi smp labschool palu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan uji test kelas VII dengan sampel 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan test dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis presentase uji hipotesis atau uji t-test dilakukan untuk menganalisis hasil pre-test dan post-test dengan bertujuan mengetahui hasil pengujian kelayakan bahan ajar yang diterapkan, kemudian bandingkan nilai keduanya dari hasil penelitian maka Ha di tolak dan H1 diterima sedangkan untuk mengetahui seberapa besar efektivitasnya dengan menggunakan rumus SPSS 26. Hasil peneitian setelah dilakukan perlakuan (treatment) kepada siswa menggunakan multimedia interaktif menghasilkan nilai rata-rata 86,15. Dimana sebelumnya dilaksanakan pre-test hanya mencapai 72,76. Pada uji paired sampel tes diperoleh nilai sig. 0,000. Dengan demikian nilai sig. 0,00 ? 0,05, sehingga hasil pre-test dan post-test mengalami perubahan yang sangat signifikan terhadap siswa kelas VII SMP Labschool Palu. Hal ini juga dilakukan penyebaran angket dimana memperoleh nilai rata-rata 78,9?ri 5 pertanyaan untuk mengetahui kesenangan dan pemahaman siswa terhadap bahan ajar berbasis multimedia interaktif, dapat disimpulakan bahawa kesenangan siswa sangat tinggi. Kata kunci: Multimedia pembelajaran interaktif, efektivitas, kemampuan berbicara |