JudulPENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 13 PALU |
Nama: NUR ATIKA MARZHANDA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Nur Atika Marzhanda, 2023. Penerapan Model Kontekstual dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 13 Palu. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Tadulako. Pembimbing Sitti Harisah, S.Ag., M.Pd Permasalahan utama dalam penelitian ini bagaimanakah penerapan model kontekstual dalam pembelajaran menulis teks narasi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 13 Palu. Tujuan penelitian ini, mendeskripsikan penerapan model kontekstual dalam pembelajaran menulis teks narasi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 13 Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 13 Palu yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes/pemberian tugas, dan dokumentasi. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus mean/rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa dalam menulis teks narasi melalui penerapan model kontekstual adalah 76,5 dengan jumlah siswa 24, 19 siswa yang memperoleh nilai sangat baik (Tuntas) dan 5 siswa yang memperoleh nilai kurang (Tidak Tuntas). Rata-rata tersebut apabila dimasukan dalam interval penilaian menunjukkan bahwa penerapan model kontekstual dalam pembelajaran menulis teks narasi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 13 Palu berdasarkan pada empat aspek penilaian yaitu kelengkapan struktur, unsur, kaidah, serta ejaan dan tanda baca adalah baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kontekstual yang diterapkan oleh guru di SMP Negeri 13 Palu berhasil. Kata Kunci: penerepan model kontekstual, menulis teks narasi |