Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 PALU
Nama: DEWI SARTIKA
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Dewi sartika, 2023. Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Palu. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Tadulako. Pembimbing Bapak Dr. Agustan, S.Pd., M.Pd Penelitian ini mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan model problem based learning siswa kelas VII SMP Negeri 18 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Data dalam bentuk nilai yang diperoleh dari nilai siswa dalam menulis teks deskripsi diolah dan dianalisis menggunakan angka yang dijelaskan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 18 Palu yang berjumlah 19 orang. Data dikumpulkan dari evaluasi berupa teks deskripsi dan skor tes. Penilaian hasil tulisan sesuai dengan kriteria tulisan deskripsi, yaitu judul, identifikasi, deskripsi bagian, dan penutup. Hasil dari skor rata-rata siswa pada keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan model problem based learning sebesar 81,25 dengan jumlah ketuntasan siswa 73,68% (Baik) yang termasuk dalam kategori Tuntas Minimal Kriteria Ketuntasan (KKM) yang telah ditentukan oleh sekolah. Nilai presentase dari menulis teks deskripsi yang dicapai adalah 99,7%. Sehingga terbukti bahwa keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan model problem based learning dinilai berhasil. Kata Kunci: Keterampilan Menulis Teks Deskripsi, Model Problem Based Learning

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up