Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKEMAMPUAN MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA FILM PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 PALU
Nama: MADINATUL ILMI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK MADINATUL ILMI, 2023 Kemampuan Menulis Cerpen melalui Media Film Pendek pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Palu. Skripsi Program studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurasan pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Ulinsa, M. Hum Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan belajar siswa menggunakan film pendek dalam keterampilan menulis cerpen terhadap siswa kelas VII Imam Bonjol SMP Negeri 14 Palu. Sehubung dengan penelitian tersebut, rendahnya hasil belajar siswa pada materi meulis cerpen disebabkan oleh faktor kurangnya imajinasi siswa dalam menulis cerpen serta metode pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar-mengajar yang cenderung menonton sehingga membuat siswa pasif dan hanya berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini agar mengetahui kemampuan belajaran menggunakan film pendek dalam keterampilan menulis cerpen terhadap siswa kelas VII Imam Bonjol SMP Negeri 14 Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Imam Bonjol SMP Negeri 14 Palu yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan yang digunakan berupa observasi, evaluasi, dan dokumentasi. Data evaluasi dianalisis dengan menggunakan rumus mean/rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa dalam menulis teks cerpen melalui strageri pembelajaran klasikal 76,47. Hasil strategi pembelajaran klasikal dengan adanya strategi pembelajaran ini siswa mampu menulis cerpen sesuai dengan struktur, juga membuat siswa menjadi kreatif, dan mampu mengaitka materi dengan dunia nyata dalam menulis teks cerpen Kata Kunci : Kemampuan, media “film pendek”, pembelajaran menulis cerpen.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up