JudulKemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Dampelas |
Nama: IIN SAFITRI |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Iin Safitri, 2024. Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Dampelas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Pembimbing Dr. Ulinsa,M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Dampelas? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Dampelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif yang berupa angka-angka dalam proses penilaian. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Dampelas dengan jumlah siswa 33 orang, yakni 14 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tugas, analisis data dalam penelitian ini adalah menganalisis semua data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data yang ditampilkan dari hasil penilaian Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Dampelas yang memperoleh nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 47. Dari hasil penilaian yang telah dilaksanakan didapatkan nilai rata-rata Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Dampelas adalah 69,27 sehingga siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Dampelas dikategorikan tidak tuntas dikarenakan belum mampu dalam menulis cerpen. Hasil di atas memperlihatkan bahwa dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Dampelas belum berhasil dengan baik dikarenakan belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah. Adapun nilai KKM yang ditetapkan oleh sekolah adalah 75. Kata Kunci : kemampuan, menulis, cerita pendek. |