JudulKETERAMPILAN PESERTA DIDIK MEMERANKAN DIALOG TOKOH DALAM PEMBELAJARAN DRAMA DI KELAS XI SMA NEGERI 7 PALU |
Nama: ELSA INDRIANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan keterampilan peserta didik memerankan dialog tokoh dalam pembelajaran drama di kelas XI SMA Negeri 7 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam bentuk nilai yang diperoleh dari nilai peserta didik dalam memerankan dialog tokoh dalam pembelajaran drama diolah dan dianalisis menggunakan angka yang dijelaskan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Palu yang berjumlah 32 orang. Data dikumpulkan dari evaluasi memerankan dialog tokoh. Penilaian hasil sesuai dengan aspek, yaitu ekspresi dialog, ekspresi wajah, pandangan mata, dan gerak anggota tubuh. Hasil dari skor rata-rata peserta didik pada keterampilan peserta didik memerankan dialog tokoh dalam pembelajaran drama sebesar 86,5 dengan jumlah ketuntasan siswa 90,6% (Baik) yang termasuk dalam kategori Tuntas Minimal Kriteria Ketuntasan 80 yang telah ditentukan oleh sekolah. Sehingga terbukti bahwa keterampilan peserta didik memerankan dialog tokoh dalam pembelajaran drama dinilai berhasil. Kata Kunci: Keterampilan Siswa Memerankan Dialog Tokoh dalam Pembelajaran Drama |