JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 PALU MELALUI METODE MIND MAPPING |
Nama: MASRIANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Masriani, 2023. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Palu Melalui Model Metode Mind Mapping. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nirmayanti S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi melalui metode mind mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi beberapa tahap, yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Palu tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 14 Palu dalam menulis teks deskripsi melalui metode mind mapping mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian tindakan siklus I menunjukkan hasil observasi aktivitas guru 83,33%, hasil observasi aktivitas siswa 75%, hasil tes persentase ketuntasan belajar klasikal siswa 32,35?n nilai rata-rata kemampuan siswa 64,41. Hasil penelitian tindakan siklus II mengalami peningkatan, yaitu hasil observasi aktivitas guru 97,91%, hasil observasi aktivitas siswa 86,36%, hasil tes persentase ketuntasan belajar klasikal siswa 76,47?n nilai rata-rata kemampuan siswa 75,14%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 14 Palu dalam menulis teks deskripsi. Kata Kunci : Kemampuan, Menulis Teks Deskripsi Melalui Metode Mind Mapping. |