JudulPENYIMPANGAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 7 PALU |
Nama: DELLA FISTA SARI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Della Fista Sari, 2023. Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 7 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikann Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Ali Karim, M.Hum Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk penyimpangan di kelas VII SMP Negeri 7 Palu, dan (2) Faktor penyebab terjadinya penyimpangan di kelas VII SMP Negeri 7 Palu. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk penyimpangan kesantunan berbahasa yang ada di kelas VII SMP Negeri 7 Palu, dan mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya penyimpangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak dan teknik catat. Adapun teknik simak dipilih karena objek yang diteliti berupa bahasa yang sifatnya lisan, dan teknik catat digunakan untuk mencari kalimat-kalimat dalam dialog yang mengandung penyimpangan kesantunan berbahasa yang diungkapkan penutur dan mitra tutur. Serta sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh tuturan dalam proses pembelajaran bahasa indoneisa di kelas. Berdasarkan data yang terkumpul antara lain bentuk penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa yang terjadi dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia dalam kelas meliputi penyimpangan maksim kearifan, penyimpangan maksim kedermawanan, penyimpangan maksim pujian, penyimpangan maksim kerendahan hati, penyimpangan maksim kesepakatan, dan penyimpangan maksim kesimpatian. Faktor penyebab terjadinya penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa meliputi, sengaja menuduh lawan tutur, sengaja berbicara tidak sesuai konteks, tidak memberikan rasa simpati, protektif terhadap pendapat, dorongan rasa emosi penutur,kritik langsung dengan kata-kata kasar, dan mengejek. Kata Kunci: Kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan, interaksi pembelajaran |