Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X IPS C SMA NEGERI 1 AMPIBABO DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)
Nama: MUFIDA
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Mufida, 2023. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X IPS C SMA Negeri 1 Ampibabo Dengan Menggunakan Pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: Yunidar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat keterampilan menulis puisi siswa X IPS C SMA Negeri 1 Ampibabo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis puisi menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning pada siswa kelas X IPS C SMA Negeri 1 Ampibabo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Higher Order Thinking Skill. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketrerampilan menulis puisi siswa kelas X IPS C SMA Negeri 1 Ampibabo menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning terdapat peningkatan. Pada siklus I diperoleh ketuntasan secara klasikal 11,12%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80, 35%. Jika dilihat dari nilai rata-rata hasil tes pada siklus I yaitu 55, 97 meningkat pada siklus II menjadi 75, 83. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem-Based Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis puisi kelas X IPS C SMA Negeri 1 Ampibabo. Kata Kunci: Keterampilan Menulis Puisi, Model Pembelajaran Problem-Based Learning.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up