JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA BERTEMA KEARIFAN LOKAL MELALUI KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 16 PALU |
Nama: ANDRIAS PUTRITA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Andrias Putrita, 2023. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Bertema Kearifal Lokal Melalui Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 16 Palu. Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Ulinsa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 16 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan siswa kelas VIII A SMP Negeri 16 Palu dalam menulis teks berita dengan melalui model pembelajaran keterampilan proses. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dirancang dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Hasil penelitian bahwa kemampuan menulis teks berita bertema kearifan lokal pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 16 Palu menggunakan model keterampilan proses terdapat peningkatan. Pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa klasikal sebesar 5,26?n pada siklus II meningkat menjadi 94,73%. Jika dilihat dari nilai rata-rata hasil tes pada siklus I yaitu 52,5 meningkat pada siklus II menjadi 82,5. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pemebelajaran keterampilan proses dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis teks berita bertema kearifan lokal pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 16 Palu. Kata kunci: keterampilan proses, kemampuan menulis, teks berita |