JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI FOTO KONTEKSTUAL PADA KELAS VII DEWA RUCI SMP NEGERI 1 PALU |
Nama: DIMAS MOH. IQBAL |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Dimas Moh. Iqbal, 2024. Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Foto Kontekstual pada Kelas VII Dewa Ruci SMP Negeri 1 Palu, Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. H. Gazali, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis pantun melalui foto kontekstual pada Kelas VII Dewa Ruci SMP Negeri 1 Palu,penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan menulis pantun melalui foto kontekstual pada Kelas VII Dewa Ruci SMP 1 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Dewa Ruci SMP Negeri 1 Palu yang berjumlah 32 siswa yang terdiri atas 14 laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi,observasi terdiri atas lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, refleksi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan di jabarkan menggunakan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatakan kemampuan menulis pantun melalui foto kontekstual pada kelas VII Dewa Ruci SMP Negeri 1 Palu mengalami peningkatan, hal ini dapat di lihat dari hasil proses observasi dan kemampuan siswa dalam menulis pantun melalui foto kontekstual. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dan II yang telah dilakukan pada proses pembelajaran diperoleh sebesar 73,68?n 84,21%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dan II diperoleh sebesar 73,68?n 94,73%. Berdasarkan pada pelaksanaan tes pra tindakan di peroleh ketuntasan belajar siswa dengan nilai rata-rata sebesar 67,18, siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,59, dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 86,93. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media melalui foto kontekstual (media gambar) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pantun di kelas VII Dewa Ruci SMP Negeri 1 Palu. Kata Kunci : peningkatan,kemampuan menulis,pantun,media foto kontekstual |