JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PUISI DENGAN METODE OUTDOOR STUDY DI SMPN 1 SINDUE TOBATA KELAS VIII |
Nama: MOH. AL FARIZI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Moh. Al Farizi, 2024. Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Puisi Dengan Metode Outdoor Study Di SMPN 1 Sindue Tobata Kelas VIII. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa Dan Seni, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Gazali, M.Pd. Abstrak: Perumusan permasalahan di dalam penelitian ini merupakan 1) Apakah metode outdoor study bisa memberikan peningkatan kemampuan siswa menuliskan puisi di SMPN 1 Sindue Tobata kelas VIII. Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini merupakan data proses belajar serta data hasil pembelajaran. Sumber data penelitian ini merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sindue Tobata pada jumlah siswa keseluruhan 54 orang. Teknik yang digunakan mengumpulkan data, yaitu: Data pada kemampuan siswa menuliskan puisi dan data mengenai situasi pada proses belajar mengajar yang didapatkan dari observasi siswa. Metode yang dipakai pada penelitian ini merupakan metode deskriptif. Data dianalisis memakai teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini ditunjukkan jika belajar ditingkatnya Kemampuan Siswa Ketika Menuliskan puisi pada Metode Outdoor Study Di SMPN 1 Sindue Tobata Kelas VIII adanya peningkatan yang baik, pada proses pembelajaran, serta hasil pembelajaraan. Proses pembelajaran membuat puisi dengan metode outdoor study di siklus I tidak memuaskan, kondisi kelas tidak kondusif, dan belum tercapai nilai KKM. Proses belajar siklus II sangat memuaskan sesudah dibuatnya perbaikan kepada permasalahan siklus I. Di siklus II, peneliti melakukan suatu pembelajaran menuliskan puisi dengan sangat baik. Hasil penelitian diperhatikan aspek nilai seperti: selarasnya tema, memiliki pesan aktual dan sangat memiliki manfaat, pada jenis puisi, utuh dan tuntas, memberikan cerminan atas kekayaan kata, bentuk kata baik pada bentuk dan bermakna (kohesi/koheren), memakai pengungkapan maupun kiasan yang sama pada konteks, dan gaya berbahasa yang variatif (tidak klise). tuntasnya belajar klasikal di siklus I kelas VIII A sekitar 59?n siklus I kelas VIII B sekitar 52% sedangkan di siklus II kelas VIII A sekitar 78?n siklus II kelas VIII B sekitar 78%. Daya serap siswa siklus I kelas VIII A sekitar 79?n siklus I kelas VIII B sekitar 78% sedangkan di siklus II kelas VIII A sekitar 86?n siklus II kelas VIII B sekitar 87%. seluruh aspek penilain digolongkan kurang di siklus I dan memberikan peningkatan pada pengkategorian cukup di siklus II. Peneliti, pada hasil penelitian ini mengajukan saran, yakni buat guru agar pada belajar menuliskan puisi memakai metode outdoor study, dikarenakan metode ini sudah dibuktikan bisa memberikan peningkatam kemampuan menuliskan puisi dengan metode outdoor study pada siswa. Kata kunci: Menulis Puisi, Outdoor Study |