JudulPENERAPAN METODE SQ3R DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SDN 2 INPRES TALISE |
Nama: ASMITA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Asmita. 2019. Penerapan Metode SQ3R Dalam Pembelajaran Membaca Cepat Siswa kelas V SDN 2 Inpres Talise. Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Bismawati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecepatan membaca cepat siswa kelas V SDN 2 Inpres Talise dalam penerapan metode SQ3R. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode deskripsi, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 orang siswa. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah, Pre-Tes dan Post-Test. Data kemampuan siswa yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan pedoman penilaian KEM, menghitung jumlah jawaban benar dibagi dengan jumlah soal, setelah itu dikali dengan 100%, maka itulah hasil presentase pemahaman isi. Kemudian jumlah kata yang dibaca, dibagi dengan waktu tempuh menit, dikali dengan presentase pemahaman isi, maka itulah hasil kecepatan rata-rata membaca siswa. Hipotesis yang menyatakan bahwa Penerapan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Membaca Cepat Siswa Kelas V SDN 2 Inpres Talise belum maksimal. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan hasil dengan ketuntasan di atas 96 kpm. Terdapat 16 siswa yang dinyatakan tuntas atau 0,53% sedangkan 14 siswa dinyatakan tidak tuntas atau 0,46%. Kata Kunci: Penerapan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Membaca Cepat ? |