JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 1 RIO PAKAVA |
Nama: RIZKY |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Rizky, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Rio Pakava. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Sitti Harisah. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Rio Pakava. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi menggunakan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Rio Pakava. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Rio Pakava menggunakan model pembelajaran kontekstual dapat meningkat. Pada siklus I diperoleh ketuntasan secara klasikal 10,34?n pada siklus II meningkat menjadi 75,86%. Jika dilihat dari nilai rata-rata hasil tes pada siklus I yaitu 57,58 meningkat pada siklus II menjadi 76,37. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Rio Pakava Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Puisi, Model Pembelajaran Kontekstual. |