Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF PADA TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 PALU
Nama: ARRUM PUSPASARI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Arrum Puspasari. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Pada Teks Biografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Ida Nur'aeni, S. Pd., M. Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan menentukan ide pokok paragraf pada teks biografi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Palu. Jenis eksperimen dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengambilan bentuk desain quasi eksperimen dalam penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Group Desaint yang di mana pengambilan kelas eksperemen maupun kelas control tidak dipilih secara random. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh data rata-rata hasil belajar Pre-Test 59,48, Post-Test 83,48 dan Perolehan (Gain) 24. Sedangkan hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh data rata-rata hasil belajar Pre-Test 58,31, Post-Test 76 dan Perolehan (Gain) 17,69. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menentukan ide pokok paragraf pada teks biografi siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah, dengan yang tidak menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Ini berarti ada pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Pada Teks Biografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Palu. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Ide Pokok

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up