JudulKEPRAKTISAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LITERASI KESEHATAN PADA PEMBELAJARAN TEKS CERITA FANTASI |
Nama: FENI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Feni, 2023. Kepraktisan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Berbasis Literasi Kesehatan Pada Pembelajaran Teks Cerita Fantasi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Asrianti. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi menuntut perubahan dari pembelajaran konvensional menuju pembelajaran berbasis teknologi. Multimedia interaktif salah satu media pembelajaran yang telah banyak diterapkan di sekolah menengah pertama. Multimedia interaktif merupakan salah satu media alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk melihat lebih dalam bagaimana tingkat kepraktisan bahan ajar multimedia interaktif pada pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahan ajar multimedia interaktif berbasis literasi kesehatan pada pembelajaran teks cerita fantasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara, tes, dan angket kepraktisan yang diberikan kepada siswa dan guru. Hasil analisis dari angket kepraktisan siswa diperoleh dari angket yang telah diisi oleh siswa yang memperoleh persentase tertinggi mencapai 84,45%, dimana persentase tersebut termasuk dalam kriteria ‘’sangat setuju’’ serta perolehan nilai siswa yang diberikan tes mencapai skor rata-rata 90,48?ngan kriteria ‘’sangat baik”. Sedangkan hasil analisis angket guru menunjukkan dengan presentase 78,12?ngan kriteria “setuju”. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kepraktisan penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbasis literasi kesehatan pada pembelajaran teks cerita fantasi termasuk dalam kriteria sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Multimedia interaktif sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk menjadikan pembelajaran lebih berkualitas dan proses pembelajaran bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Kata Kunci: kepraktisan, multimedia interaktif, literasi,cerita fantasi |