JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PARIGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING |
Nama: NAZLA AULIANUR RIFNI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Nazla Aulianur Rifni (A11119048), Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Parigi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving. Pembimbing Dr. Ida Nur’aeni, S.Pd, M. Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi menggunakan model pembelajaran problem solving siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parigi. Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilakukan oleh peneliti bersama guru Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Parigi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi menggunakan model pembelajaran Problem solving. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode problem solving secara benar dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII A SMPN 1 Parigi. Hal ini dapat dilihat dari pada siklus pertama nilai rata-rata siswa sebesar 81 dengan kategori sedang, dan pada siklus kedua setelah diterapkan pembelajaran pembelajaran problem solving, maka rata-rata siswa naik menjadi 85.47, dengan kategori tinggi. dan tingkat keberhasilan yang dicapai sebesar 87,5?ri jumlah siswa, artinya 28 orang siswa telah mencapai nilai keberhasilan. Kata kunci : Peningkatan, teks deskripsi, Problem Solving. |