JudulEfektivitas Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMPN 1 T1ikke Raya |
Nama: M ARLY AR |
Tahun: 2023 |
Abstrak Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMPN 1 Tikke Raya. Rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran yang monoton dan tidak adanya proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas model Discovery Learning sebagai model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMPN 1 Tikke Raya. Kemampuan membaca pemahaman siswa dalam penelitian ini diukur melalui pemahaman komprehensi tingkat faktual, interpretatif, dan aplikatif berdasarkan Taksonomi Ruddel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa dengan subjek penelitian sebanyak 48 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa hasil tes kemampuan membaca pemahaman dan hasil observasi sikap dan keterampilan siswa selama proses perlakuan. Hasil penelitian pada tahap prates menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 42.29, dan kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata yaitu 45.00. Hasil pascates menunjukkan temuan yang berbeda, yaitu terdapat perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan eksperimen dengan kelas kontrol memperoleh rata-rata 52.71, dan kelas eksperimen memperoleh rata-rata 56.04. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi pada pascates sebesar 0,453. Dengan mengambil taraf signifikansi sebesar 0,05 sebagai ukuran efektivitas dalam uji Mann-Whitney, maka model Discovery Learning dianggap belum mampu membawa pengaruh efektif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMPN 1 Tikke Raya. |