JudulKEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 PALU |
Nama: DEA SUCI RAMADHANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Dea Suci Ramadhani 2023. Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Sitti Harisah. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menulis karangan eksposisi melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Palu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan eksposisi melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP 16 Palu yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes/pemberian tugas, dan dokumentasi. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus mean/rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata dan kemampua siswa dalam menulis karangan eksposisi melalui model pembelajaran kontekstual adalah 73,37 dengan jumlah siswa 24, dengan jumalah 15 siswa yang memperoleh nilai sangat baik (Tuntas) dan 9 siswa yang memperoleh nilai kurang (Tidak Tuntas). Rata-rata tersebut menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan eksposisi melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Palu, berdasarkan empat aspek penilaian yaitu kelengkapan struktur, isi, kaidah serta ejaan dan tanda baca adalah baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan eksposisi melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Palu berhasil. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi, Model Pembelajaran Kontekstual. |