Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII C DI SMP NEGERI 1 PARIGI MOUTONG
Nama: SARTIKA HARDIANTI
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini mendeskripsikan efektivitas pembelajaran keterampilan menulis deskripsi melalui model Problem Based Learning (PBL) berbasis media gambar pada siswa kelas VII C di SMP Negeri 1 Parigi Moutong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Data dalam bentuk nilai yang diperoleh dari nilai siswa dalam menulis teks deskripsi diolah dan dianalisis menggunakan angka yang dijelaskan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Parigi Moutong yang berjumlah 22 orang. Data dikumpulkan dari evaluasi berupa teks deskripsi dan skor tes. Penilaian hasil tulisan sesuai dengan kriteria penilaian tulisan deskripsi, yaitu judul, identifikasi, deskripsi, dan penutup. Hasil dari skor rata-rata siswa pada keterampilan menulis deskripsi melalui model PBL berbasis media gambar sebesar 81,25 dengan jumlah ketuntasan siswa 72,72% (Baik) yang termasuk dalam kategori Tuntas Minimal Kriteria Ketuntasan (KKM) yang telah ditentukan oleh sekolah. Nilai persentase dari menulis teks deskripsi yang dicapai adalah 99,5%. Sehingga terbukti bahwa keterampilan menulis deskripsi melalui model PBL berbasis media Gambar dinilai efektif. Kata Kunci: Efektivitas Keterampilan Menulis Deskripsi, Model Problem Based Learning, Media Gambar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up