JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COPY THE MASTER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BALAESANG |
Nama: NI NYOMAN ROSNA SUSANTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Ni Nyoman Rosna Susanti, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Copy The Master dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Balaesang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Pratama Bayu Santosa, M.Si. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran copy the master dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Balaesang. Sehubung dengan penelitian tersebut, rendahnya hasil belajar siswa pada materi menulis puisi disebabkan oleh faktor kurangnya imjinasi siswa dalam menulis puisi serta metode pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar-mengajar yang cenderung monoton sehingga membuat siswa pasif dan hanya berpusat pada guru. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemis dan MC. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi beberapa tahap, yaitu : (1) pra tindakan, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan (4) observasi, dan (5) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Balaesang, pada tahun ajaran 2022/2023 dan subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik analisi data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yang meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes awal dan akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasi kegiatan guru, dan aktivitas siswa yang diambil dari lembar observasi kegiatan siswa. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan ketuntasan belajar klasikal 60%, hasil observasi aktivitas guru 69,23%, dan hasil observasi aktivitas siswa 65,62%. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II menunjukan ketuntasan belajar klasikal mencapai 84%, hasil observasi aktivitas guru 90,38%, dan hasil observasi aktivitas siswa 90,62%. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran copy the master keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Balaesang dapat ditingkatkan. Kata kunci : Keterampilan Menulis Puisi, Model Pembelajaran Copy The Mater. |