Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MENULIS KARANGAN NARASI DI KELAS VII A SMP NEGERI 1 BALAESANG
Nama: NI KOMANG SRI KANYO
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Ni Komang Sri Kanyo. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Imajinatif Dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Karangan Narasi di Kelas VII A SMP Negeri 1 Balaesang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Efendi. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi menulis karangan narasi khususnya di kelas VII A SMP Negeri 1 Balaesang pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Salah satu faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam materi menulis karangan narasi adalah metode pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar-mengajar cenderung monoton sehingga membuat siswa pasif dan hanya berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran imajinatif dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis karangan narasi di kelas VII A SMP Negeri 1 Balaesang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan teknik pengumpulan data penelitian ini adalah (1) pemberian tes, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti menerapkan model pembelajaran imajinatif dalam materi menulis karangan narasi. Model pembelajaran ini mengajarkan siswa untuk menguasai kompetensi menulis secara bebas sesuai dengan imajinasinya sendiri siswa menjadi lebih kreatif dan aktif dalam menuangkan ide/gagasannya ke dalam bentuk tulisan. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Balaesang dengan subyek seluruh kelas VII A berjumlah 25 orang siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri atas 2 pertemuan. Dari hasil penelitian siklus I dengan materi menulis karangan narasi memperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 28%, hasil lembar observasi kegiatan guru 84,61?n hasil lembar observasi kegiatan siswa 71,15%. Sedangkan kegiatan pembelajaran siklus II memperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 80%, hasil lembar observasi guru 94,23?n hasil lembar observasi kegiatan siswa 90,38%. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran imajinatif dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis karangan narasi di kelas VII A SMP Negeri 1 Balaesang telah mengalami peningkatan yang sangat baik. Kata kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Narasi, Model Pembelajaran, dan Imajinatif.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up