JudulKEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 12 PALU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) |
Nama: RESTIFANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII A SMP Negeri 12 Palu dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam bentuk nilai yang diperoleh dari nilai siswa dalam menulis teks eksplanasi diolah dan dianalisis menggunakan angka yang dijelaskan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 12 Palu yang berjumlah 26 orang. Data dikumpulkan dari tes berupa teks eksplanasi dan skor tes. Penilaian hasil tulisan sesuai dengan kriteria penilaian tulisan teks eksplanasi, yaitu ketepatan jenis teks, struktur teks, keterpaduan teks, kaidah kebahasaan, dan ketepatan EBI. Hasil dari skor rata-rata siswa pada keterampilan menulis eksplanasi melalui model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) sebesar 81,34 dengan jumlah ketuntasan siswa 80,77% (Baik) yang termasuk dalam kategori Tuntas Minimal Kriteria Ketuntasan (KKM) yang telah ditentukan oleh sekolah. Nilai persentase dari menulis teks eksplanasi yang dicapai adalah 99,7%. Sehingga terbukti bahwa siswa mampu dalam menulis teks eksplanasi melalui model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Kata kunci: kemampuan, menulis teks eksplanasi, model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) |