JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR MELALUI MEDIA VIDEO TUTORIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PARIGI |
Nama: ANDI BATARA WAJO |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur melalui media video tutorial pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Parigi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah kemampuan menulis teks prosedur dapat ditingkatkan melalui media video tutorial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Parigi melalui media video tutorial terdapat peningkatan. Pada siklus I diperoleh ketuntasan secara klasikal 37,5?n pada siklus II meningkat menjadi 75%. Dilihat dari nilai rata-rata siklus I sebesar 66,56 meningkat pada siklus II menjadi 76,25. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video tutorial dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Parigi. Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Teks Prosedur, Media Video Tutorial |