JudulKESANTUNAN BERBAHASA GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMA NEGERI 1 SINDUE |
Nama: DANDI FIRMANSYAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Dandi Firmansyah, 2023. Kesantunan Berbahasa Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Sindue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Dr. Ali Karim, M.Hum. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk dan fungsi kesantunan berbahasa guru bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 1 Sindue. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan fungsi kesantunan berbahasa guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Sindue. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan telaah komunikasi. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik rekam dan teknik simak catat. Teknik rekam merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti untuk memperoleh data yaitu dengan cara merekam. Sementara teknik simak catat merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti untuk memperoleh data yaitu dengan cara menyimak sambil mencatat data yang diperlukan oleh peneliti. Instrumen penelitian ini adalah alat perekam, dan alat tulis untuk mencatat konteks dialog atau percakapan serta peneliti sendiri. Adapun tahapan penelitian meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Peneliti menemukan beberapa data kesantunan berbahasa guru dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 1 Sindue yaitu, bentuk kesantunan berbahasa dalam maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim kerendahan hati, maksim pemufakatan atau kecocokan, dan maksim simpati serta fungsi kesantunan berbahasa yang meliputi representatif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklarasi. Kata kunci: kesantunan berbahasa, SMA Negeri 1 Sindue |