Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 NUHON
Nama: SUPRIONO BINABA
Tahun: 2023
Abstrak
Peningkatan keterampilan menulis teks berita melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Nuhon. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Sitti Harisah, S.Ag., M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pengetahuan siswa dalam mengetahui keterampilan menulis teks berita kelas VIII SMP NEGERI 4 NUHON. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan keterampilan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Nuhon dalam menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dirancang dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, penerapan, pengamatan, refleksi yang mengacu pada model Kemmis dan Taggart (Suharsimi Arikunto). Hasil penelitian siklus 1 diperoleh ketuntasan belajar siswa klasikal sebesar 5,26?ngan jumlah keseluruhan skor yang diperoleh peserta didik 795, hasil pengamatan kegiatan guru 54,76?n hasil pengamatan kegiatan peserta didik 52,5%. Sementara hasil penelitian siklus 2 diperoleh ketuntasan belajar siswa klasikal sebesar 94,73?ngan jumlah keseluruhan skor yang diperoleh peserta didik 1500, hasil pengamatan kegiatan guru 88,09?n hasil pengamatan kegiatan peserta didik 82,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Nuhon Kata kunci: Teams Games Tournament, Keterampilan Menulis, Teks Berita

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up