Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SINDUE MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION)
Nama: INKA SASKALIA
Tahun: 2023
Abstrak
Inka Saskalia, 2023. Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sindue Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Model Pembelajaran STAD (Students Team Achievement Division). Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ulinsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sindue menggunakan model pembelajaran STAD (Students Team Achievement Division). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi beberapa tahap, yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sindue tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sindue dalam menulis teks deskripsi menggunakan model pembelajaran STAD (Students Team Achievement Division) mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian tindakan siklus I menunjukkan hasil observasi aktivitas guru 82,82%, hasil observasi aktivitas siswa 75%, hasil tes persentase ketuntasan belajar klasikal siswa 65?rada dalam kategori cukup dan nilai rata-rata kemampuan siswa 69,9. Hasil penelitian tindakan siklus II mengalami peningkatan, yaitu hasil observasi aktivitas guru 96,15%, hasil observasi aktivitas siswa 96%, hasil tes persentase ketuntasan belajar klasikal siswa 85?rada dalam kategori sangat baik dan nilai rata-rata kemampuan siswa 83,55. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD (Students Team Achievement Division) dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sindue dalam menulis teks deskripsi. Kata kunci: Kemampuan Menulis, Teks Deskripsi, Model Pembelajaran STAD (Students Team Achievement Division)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up