Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALAESANG
Nama: SARMILA
Tahun: 2022
Abstrak
Sarmila 2022 Sarmilai.2022. Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Balaesang. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Gusti Ketut Alit Suputra, M.Hum Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran daring di kelas VIII SMP Negeri 2 Balaesang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuessioner dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii yang terdiri dari kelas VIII A VIII B dan VIII C dan memanfaatkan guru mata pelajaran bahasa Indonesia agar penelitian lebih representasif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar sebanyak 52% siswa menyatakan rasa senang saat pembejaran daring dan 56 siswa kelas VIII SMP negeri 2 Balaesang, menunjukkan bahwa sebagian besar sebanyak 75% siswa menyatakan tidak senang saat pembelajaran daring, ini menunjukkan bahwa ada banyak kesulitan siswa pada saat pembelajaran daring berlangsung, kemudian sebagian besar sebanyak 66,1% siswa menyatakan tidak mampu fokus saat proses pembelajaran daring, kefokusan siswa sangat dibutuhkan pada saat proses pembelajaran berlangsung karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap pemahaman materi yang disajikan oleh guru. Dengan itu sebagian besar sebanyak 67,9% siswa menyatakan kadang-kadang dapat memahami materi saat pembelajaran daring berlangsung. Hanya saja mayoritas siswa mengalami hambatan pada biaya yang dikeluarkan untuk pembelajaran daring, dan minimnya kualitas jaringan, terkadang membuat pembelajaran daring jadi terkendala.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up