JudulPENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI AUDIOVISUAL MELALUI METODE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VII B SMPN 3 KASIMBAR |
Nama: MUTMAINAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak Mutmainah. 2022 “Peningkatan Keterampilan Menyimak fabel dengan Menggunakan Media Animasi Audiovisual melalui Metode Think pair Share pada Siswa Kelas VII B SMP N 3 Kasimbar.” Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing 1 Drs. Pratama Bayu Santosa, M.Si. Subjek penelitian ini yaitu meningkatkan keterampilan menyimak fabel pada siswa kelas VII B SMPN 3 Kasimbar menggunakan media animasi audiovisual melalui metode think pair share. Variable penelitian dalam skripsi ini adalah keterampilan menyimak, penggunaan media audiovisual, dan penggunaan metode think pai share. Permasalahan pokok penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menyimak fabel siswa di kelas VII B SMPN 3 Kasimbar. Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan menyimak fabel siswa.yaitu Dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode pembelajaran konvesional saja tanpa adanya sebuah strategi untuk melaksanakan pembelajaran. Pola pembelajaran ini hanya menjadikan siswa sebagai objek dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu guru lebih mendominasi pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan menyimak fabel pada siswa, peneliti menggunakan media animasi audiovisual melalui metode think pair share. Penellitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitiann ini terbagi atas siklus I dan siklus II.Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan soal tes, pengamatan, wawaancara, jurnal, dan data dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan kualiatif. Penelitian ini melibatkan 22 orang siswa yang terdiri dari 12 oranng laki-laki dan 10 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Arikunto, dkk 201:42. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus diperoleh ketuntasan belajar klasikal 27,27?n daya serap klasikal 53,18%. Pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal 68,18?n daya serap klasikal 68,63%. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 81,81?n daya serap klasikal 73,40%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan mengunakan media animasi audiovisual melalui metode think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMPN 3 Kasimbar. Kata kunci: keterampilan menyimak, fabel, media animasi audiovisual, dan metode think pairs share. |