JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IX B MTS DDI BANGKIR |
Nama: RISNA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Risna, 2024. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas IX B MTS DDI Bangkir. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ulinsa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan melalui empat tahapan yaitu; tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas IX B MTS DDI Bangkir dengan menggunakan Model Discovery Learning. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan dua siklus, dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian tindakan ini yaitu menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, pada tahap siklus I yaitu sebesar 72?n meningkat menjadi 84% pada tahap siklus II. Adapun hasil belajar menulis cerita pendek pada siswa kelas IX B MTS DDI Bangkir pada tahap siklus I, nilai ratarata kelas sebesar 68,93 dengan kategori “Cukup”, terdapat 12 siswa yang mencapai ketuntasan dan 18 siswa yang belum tuntas. Pada tahap siklus II, nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 84, 8 dengan kategori “Baik”, terdapat 27 siswa yang mencapai ketuntasan dan 3 siswa yang tidak tuntas. Peningkatan kemampuan menulis cerita pendek siswa dari tahap siklus I ke siklus II yaitu sebesar 15,87. Dari penelitian tindakan ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan Model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas IX B MTS DDI Bangkir. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Cerita Pendek, Model Discovery Learning. |