JudulKEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 19 PALU MELALUI METODE MIND MAPPING |
Nama: DESI RATNA SARI TUBA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Desi. 2022. Kemampuan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP Negeri 19 Palu Melalui Metode Mind Mapping. 2022. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Ida Nur’aeni, M.Pd. Masalah penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Negeri 19 Palu melalui metode mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Negeri 19 Palu melalui metode mind mapping. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah menganalisis semua data yang dikumpulkan kemudian di olah dengan metode deskriptif. Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas IX SMP Negeri 19 Palu telah mampu menulis teks diskusi. Kata Kunci : Kemampuan Teks Diskusi, Isu, Argumen Mendukung, Argumen Menentang, kesimpulan. ABSTRACT Desi. 2022. Ability to Write Discussion Texts for Class IX Students of SMP Negeri 19 Palu through the Mind Mapping Method. 2022. Indonesian Language and Literature Education Study Program. Department of Language and Arts Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Advisor Dr. Ida Nur'aeni, M.Pd. The problem of this research is how the ability to write discussion texts for class IX students of SMP Negeri 19 Palu through the mind mapping method. This study aims to describe the ability to write discussion texts for class IX students of SMP Negeri 19 Palu through the mind mapping method. The data collection technique used is a test. Data analysis in this study is to analyze all the data collected and then processed by descriptive methods. The final result of this study showed that the class IX students of SMP Negeri 19 Palu were able to write discussion texts. Keywords: Discussion Text Ability, Issues, Supporting Arguments, Arguments Against, Conclusions. |