Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Guru Bahasa Indonesia Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Sistem Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19
Nama: MELATI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Melati. 2022. Strategi Guru Bahasa Indonesia Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Sistem Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Kelas X Di SMA Negeri 1 Parigi Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Drs. Pratama Bayu Santosa. M.Si. Kata Kunci: Strategi Guru, Minat Belajar Siswa, Pembelajaran Daring, Pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada sistem pembelajaran daring masa pandemi COVID-19 kelas X SMA Negeri 1 Parigi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Parigi pada bulan November 2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, melalui observasi dan wawancara mendalam serta studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada masa pandemi COVID-19 kelas X SMA Negeri 1 Parigi dan mengetahui hasil minat belajar siswa setelah guru memberikan strategi dalam meningkatkan minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar siswa sudah cukup baik. Hal tersebut dibuktikan dengan starategi pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru di sekolah dengan menerapkan 5 komponen penerapan yaitu : (1) Penyajian Materi yang dirancang, (2) Kemampuan Komunikasi Guru, (3) Partisipasi Peserta Didik (4) Melakukan Evaluasi (5) Remedial. Penerapan strategi yang digunakan oleh guru dapat terlaksana dengan baik, sehingga dengan strategi tersebut minat belajar peserta didik meningkat. Hasil dari minat belajar dapat dibuktikan dengan persentasi angket, bahan ajar guru, nilai ulangan harian yang semakin meningkat. Beberapa peningkatan lainnya yang terjadi setelah guru memberikan strategi : Lancarnya komunikasi peserta didik, semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up