JudulANALISIS GAYA BAHASA DALAM SLOGAN IKLAN MINUMAN DI YOUTUBE |
Nama: MUZAMMIL AL IDRUS |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Abstrak: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apa saja gaya bahasa yang terdapat pada slogan iklan minuman teh dan kopi di youtube? 2). Bagaimana makna semantik terkandung dalam gaya bahasa slogan iklan mimuman teh dan kopi di youtube?. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakann dalam slogan iklan minuman teh dan kopi di youtube.2) Mendeskripsikan makna semantik yang terkandung dalam gaya bahasa slogan iklan minuman teh dan kopi di youtube.Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu (1) teknik pengamatan (2) teknik catat. Untuk teknik analisis data penulis menggunakan beberpa cara yaitu (1) Membaca data ikan di youtube (2) Menerjemahkan bahasa Iklan (3) Mengklasifikasikan data (4) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 52 gaya bahasa, yakni 3 gaya bahasa metafora, 18 gaya bahasa hiperbola, 4 gaya bahasa personifikasi, 3 gaya bahasa aliterasi, 4 gaya bahasa asonansi, 8 gaya bahasa repetisi, 6 gaya bahasa pertanyaan retoris, 2 gaya bahasa sinekdoke, 2 gaya bahasa elipsis, 2 makna denotatif. Kata Kunci : Analisis Gaya Bahasa, Iklan Youtube |