JudulPENERAPAN METODE VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTIK) PADA PEMBELAJARAN TEKS PUISI KELAS VIII SMPN 14 PALU |
Nama: WIDYA SARI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Widya Sari, 2022. Penerapan Metode VAK (Visual, Auditori, Kinestik) Pada Pembelajaran Teks Puisi Kelas VIII SMPN 14 Palu, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Agustan, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya perkembangan siswa atau penurunan nilai yang dihasilkan oleh siswa di SMP Negeri 14 Palu yaitu masih ada siswa yang nilainya masih di bawah nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetetapkan oleh sekolah yaitu ?75 (lebih dari 75), beberapa siswa juga mengatakan mereka kesulitan memahami materi yang disampaikan oleh guru di depan kelas, hal ini menyebabkan nilai semester siswa tidak banyak mengalami perkembangan setiap semesternya yang mendapat nilai rata-rata ?80 (kurang dari 80). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran VAK pada pembelajaran teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) observasi, 2) wawancara, 3) evaluasi, 4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode belajar VAK sangat efektif dalam meningkatkan kualiatas pembelajaran siswa. berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa presentase hasil rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 80.46 yang mencapai nilai KKM yang ditetapkan oleh sekolah dan mengalami peningkatan dibanding sebelum diterapkannya metode VAK dibuktikan dengan presentase klasikal belajar siswa yaitu sebesar 99,4%. Namun pada penerapan metode VAK pada pembelajaran teks puisi di kelas VIII SMPN 14 Palu mengalami kesulitan pada tahap awal penerapan seperti kurangnya sarana dan prasarana, masih ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan, namun kesulitan seiring berjalan waktu siswa dapat menyesuaikan dan mengikuti pembelajaran dengan metode VAK dengan baik. Dapat disimpulkan penerapan metode VAK ini sangat efektif digunakan pada pembelajaran teks puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Palu. Kata Kunci : Metode Visual, Auditori, Kinestik , Puisi. |