JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 DAMPAL UTARA |
Nama: NINGSIAYU |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ningsiayu, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Dampal Utara, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Gazali Lembah, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) observasi, dan (2) dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas X MIA 2, SMA Negeri 1 Dampal Utara tergolong berhasil menerapkan model pembelajaran kooperatif pada materi teks biografi dan dapat dibuktikan kesesuaian hasil penelitian dengan teori yang digunakan. Kata Kunci : Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Ningsiayu, 2022. Application of the Cooperative Learning Model in Indonesian Language Subjects at SMA Negeri 1 Dampal Utara, Indonesian Language and Literature Education Study Program, Department of Language and Arts, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Advisor Dr. H. GazaliLembah, M.Pd. The problem in this research is how to apply the Cooperative Learning Model to Indonesian Language Learning. The purpose of this study is to describe the Application of the Cooperative Learning Model in Indonesian Language Learning. Data collection techniques are carried out by (1) observation, and (2) documentation. Data analysis techniques were carried out by (1) data reduction, (2) data presentation, and (3) drawing conclusions. The results of this study indicate that in applying the cooperative learning model to the Indonesian language subject in class X MIA 2, SMA Negeri 1 Dampal Utara is classified as successful in applying the cooperative learning model to biographical text material and it can be proven that the results of the research are compatible with the theory used. Keywords: Application, Cooperative Learning Model in Indonesian Subjects. |