Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN MORFOLOGIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Nama: ICAYUNIARTI PAWELO
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Icayuniarti Pawelo 2022 dengan judul Skripsi “ Analisis Kesalahan Morfologis dalam Proses Pembelajaran Daring di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia” Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas tadulako. Dibimbing oleh Gusti Ketut Alit Suputra. Masalah penelitian ini adalah bagaimana bentuk kesalahan morfologis yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada saat mengikuti peroses pembelajaran daring, Penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan bentuk kesalahan morfologi pada saat proses pembelajaran daring yang dilakukan oleh mahasiswa kelas C angkatan 2019 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data lisan yang bersumber dari tuturan mahasiwa pada saat mengikuti perkuliahan daring. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dengan teknik yang digunakan ialah teknik catat. Analisis data dalam metode ini menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kesalahan morfologis pada proses pembelajaran daring mahasiswa kelas C angkatn 2019. Kesalahan yang dimaksud yakni kesalahan afiksasi pada bagian prefiks, sufiks, pergantian morf, penggunaan afiks yang tidak tepat, pembentukan bentuk dasar yang tidak tepat, dan kesalahan reduplikasi. Kesalahan morfologi yang dilakukan oleh mahasiswa pada saat proses pembelajaran daring dapat menjadi tolak ukur untuk meningkatkan pemahaman tentang kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, khususnya untuk mahasiswa harus dibekali dengan pengetahuan yang mendalam mengenai bentukan kata baku yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yaitu Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pengetahuan tersebut harus dimulai dari pengajar yang mengajarkan mahasiswa agar lebih memusatkan perhatian terhadap kaidah-kaidah bahasa Indonesia terutama dalam berbahasa lisan. Kata kunci: analisis, kesalahan morfologis, proses pembelajaran, daring.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up