JudulIMPLIKATUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMPN 3 SINDUE |
Nama: ARIFAHWASHFAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk implikatur dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMPN 3 Sindue? (2) Bagaimana fungsi implikatur dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMPN 3 Sindue? (3) Bagaimana strategi implikatur dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMPN 3 Sindue? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk implikatur dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMPN 3 Sindue, mendeskripsikan fungsi implikatur dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMPN 3 Sindue, dan mendeskripsikan strategi implikatur dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMPN 3 Sindue. Data penelitian ini berupa data lisan serta sumber data berasal dari tuturan guru dan siswa, siswa dan siswa SMPN 3 Sindue. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik catat dan teknik rekam. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bentuk implikatur dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMPN 3 Sindue meliputi (1) implikatur bentuk interogatif, (2) implikatur bentuk deklaratif, (3) implikatur bentuk imperatif, adapun fungsi implikatur yang ditemukan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 3 Sindue yaitu, (1) fungsi memotivasi, (2) fungsi humor, (3) fungsi memberi kaitan, dan stratgei implikatur dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 3 Sindue antara lain, (1) strategi menolak dengan modus menyatakan, (2) strategi melarang dengan modus bertanya, (3) strategi marah dengan modus menyuruh, (4) strategi marah dengan modus bertanya, (5) strategi mengharapkan informasi, (6) strategi mengharapkan tindakan dengan modus menyatakan, (7) strategi menjawab, (8) strategi menagih dengan modus bertanya. (9) strategi menagih dengan modus menyindir. |