JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK IMAGINE ( KHAYALAN) PADA SISWI KELAS X SMKS PONPES PUTRI ALKHAIRAAT PALU |
Nama: ULPIANTI PAGENO |
Tahun: 2022 |
Abstrak Ulpianti Pageno, 2022. “Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menerapkan Teknik Imagine (Khayalan) Pada Siswa Kelas X SMKS Ponpes Putri Alkhairaat Palu”. SKRIPSI Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indinesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,, Universitas Tadulako. Pembimbing Agustan Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan teknik imaginepada siswa kelas X SMKS ponpes putri alkhairaat Palu. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswakelas X SMKS ponpes putri alkhairaat Palu yang berjumlah 13 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan masih banyak siswa dikelas X SMKS ponpes putri alkhairat Palu belum dapat menulis puisi dengan menentukan kesesuaian tema dengan isi, penggunaan diksi, gaya bahasa dan pengimajian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindak kelas (PTK) yang dilakukan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksaan tindakan, obsrvasi dan reflek.Data yang diambil adalah data kualitatif yaitu data hasil observasi diporeleh dari hasil pengamatan situasi pembelajaran.Serta data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes praktek menulis puisi. Hasil penelitian siklus I diperoleh siswa yang tuntas berjumlah 4 orang dan tidak tuntas 9 orang dengan kemampuan rata-rata 60,09?ngan kategori (sangat kurang). Adapun hasil siklus II diperoleh 9 orang siswa yang tuntas dan adapun siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang dengan kemampuan rata-rata 80?ngan kategori (baik). Dengan demikian dapat dikatakn bahwa teknik imagine dapat meningkatkan kemamuan siswa dalam menulis puisi. Kata Kunci:Menulis, Puisi, Teknik Imagine. |