JudulPENGGUNAAN NOMINA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN DI PAUD AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II KELAS B1 PALU BARAT |
Nama: ERNAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Ernawati. 2023. Penggunaan Nomina Melalui Media Gambar Pada Anak Usia 3- 5 Tahun di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal II Kelas B1 Palu Barat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Syamsuddin. Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan nomina melalui media gambar dalam percakapan siswa PAUD Bustanul Athfal ll kelas B1 Palu Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penggunaan nomina. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada empat teknik yaitu teknik dasar: Teknik sadap, teknik lanjutan: teknik rekam, dan teknik catat. Untuk analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan model interaktif, dimana langkah pertama dalam analisis data adalah pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. (1) Nomina dalam bentuk kata sufiks (akhir kata) yaitu kata nama-nya, tinggal-nya, terbang-nya, tanam-an, buat-kan, main-an. (2) Bentuk prefiks (awal kata) yaitu me-mbeli, ter-senyum, me-ncuci, me-rayap, ber-nyanyi, me-makan, me-nahan, me-melihara, me-nanam. (3) Bentuk kata konfiks (awal dan akhir kata) yaitu me-nceritak-an, ke-girang-an, dan me-nggelengk-an. Kata Kunci: nomina, media gambar, interaksi. |