JudulPengaruh Tontonan Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3,4-5 Tahun (Studi Pada Anak Speech Delay) |
Nama: FAUZIA PUTRI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Fauzia Putri 2022, Pengaruh Tontonan Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3,4-5 Tahun (Studi Pada Anak Speech Delay). Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ulinsa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh tontonan youtube terhadap pemerolehan bahasa anak usia 3,4-5 tahun pada anak speech delay (keterlambatan berbicara). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh tontonan youtube terhadap pemerolehan bahasa anak usia 3,4-5 tahun yang dilakukan pada anak speech delay (keterlambatan berbicara). Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu memaparkan situasi yang sajikan dalam bentuk uraian naratif. Subjek dalam penelitian ini adalah A, F, dan F yang sedang dalam fase fonologis dan sintaksis pemerolehan bahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, libat cakap, rekam, catat dan fotografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tontonan youtube memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap pemerolehan bahasa anak usia 3,4-5 tahun pada anak yang mengalami keterlambatan berbicara (speech delay). Kata kunci: Pengaruh, Tontonan Youtube, Pemerolehan Bahasa, Speech Delay. |