Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 PALU
Nama: SISKA ANGRIANI KAIYA
Tahun: 2022
Abstrak
Siska angriani Kaiya, 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Menulis Teks Persuasi pada siswa Kelas VIII B SMP Negeri 5 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Gusti Ketut Alit Suputra. Abstrak : Permasalahan dalam penelitian ini ialah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Palu?.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam menulis teks persuasi kelas VIII B SMP Negeri 5 Palu. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes(evaluasi).Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis statistik deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat efektif diterapkan dalam menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Palu.Hal ini di buktikan dengan hasil nilai rata-rata 75. Kata kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif, Jigsaw, Persuasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up