JudulTINDAK TUTUR ASERTIF INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR DI KELAS VII C SMP NEGERI 1 SAUSU |
Nama: TUTI ERNA ERAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Tuti Erna Erawati. 2024. Tindak Tutur Asertif Interaksi Belajar Mengajar di Kelas VII-C SMP Negeri 1 Sausu : (Kajian Pragmatik). Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Dr. I Gusti Ketut Alit Suputra, M.Hum. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk tindak tutur asertif guru di SMP Negeri 1 Sausu? dan Bagaimana fungsi tindak tutur asertif guru di SMP Negeri 1 Sausu ? Tujuan penelitian dan fungsi tindak tutur asertif mendeskripsikan bentuk tindak tutur asertif guru di SMP Negeri 1 Sausu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dalah metode kualitatif. Instrument dalam penelitian ini berupa menyimak, merekam dan mencatat. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang mendeskripsikan suatu keadaan yang sebenarnya dan hasilnya nanti tidak hanya berupa hasil laporan semata tetapi merupakan interpretasi ilmiah. Hasil penelitian menunjukan bahwa tindak tutur asertif pada guru adalah bentuk aserif menyatakan, bentuk asertif mengemukakan, bentuk asertif menyimpulkan, bentuk aserif menegaskan Kata Kunci: Tindak Tutur, Asertif, Interaksi Belajar Mengajar. |