JudulKEMAMPUAN SISWA MENGANALISIS FABEL DI KELAS VII SMP NEGERI 2 PALU |
Nama: RIKHA LIKATRIL TIMPO |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Rikha Likatril Timpo (2022). Kemampuan siswa menganalisis fabel di kelas VII SMP Negeri 2 Palu. Skripsi,Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Sitti Harisah, S.Ag., M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa menganalisis struktur fabel di kelas VII SMP Negeri 2 Palu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa menganalisis fabel yang meliputi orientasi, komplikasi, resolusi dan koda di kelas VII SMP Negeri 2 Palu. Jenis penelitian ini kuantitatif yang bersifat deskripsi. Data dan sumber data adalah cerita fabel dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data meliputi (1) Teknik observasi; (2) Tes atau penugasan; (3) Dokumentasi. Kemampuan siswa menganalisis fabel di SMP Negeri 2 Palu dalam menentukan struktur fabel, mendapat nilai rata-rata secara keseluruhan untuk semua aspek penilaian yakni 67. Hasil pencapaian tersebut menunjukan bahwa kemampuan siswa menganalisis fabel di SMP Negeri 2 Palu termaksud baik, namun bila dari aspek ketuntasan belajar klasikal, dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar klasikal sebesar 36% karena terdapat 7 orang siswa yang memiliki nilai kurang dari 75. Kata Kunci : Kemampuan, Menganalisis, Fabel |