JudulPEMBELAJARAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PERMAINAN VOLI VERBAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI SATAP 9 SOJOL |
Nama: YUNANIK |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Yunanik. 2022. Pembelajaran Berbicara dengan Menggunakan Teknik Permainan Voli Verbal Siswa Kelas VII SMP Negeri Satap 9 Sojol. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Ida Nur’aeni, S.Pd., M.Pd. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran berbicara dengan menggunakan teknik permainan voli verbal siswa kelas VII SMP Negeri Satap 9 Sojol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran berbicara dengan menggunakan teknik permainan voli verbal siswa kelas VII SMP Negeri Satap 9 Sojol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data (data Display), dan kesimpulan.Teknik permainan voli verbal merupakan teknik permainan yang digunakan guru untuk memotivasi siswa agar lebih bersemangat dalam berbicara, khususnya dalam mengemukakan persetujuan, sanggahan,dan penolakan pendapat dalam diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbicara menggunakan teknik permainan voli verbal terdiri atas 5 langkah : 1) siswa dibagi dalam kelompok, 2) siswa diberi materi, 3) siswa menangkap bola, 4) siswa menjawab pertanyaan guru, dan 5) siswa memberi pertanyaan. Kata Kunci : pembelajaran bericara, teknik permainan voli verbal |