JudulEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 BUNOBOGU KABUPATEN BUOL |
Nama: ZULVIKARAYANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Zulvikarayanti (2021), Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas X SMA Negeri 1 Bunobogu Kabupaten Buol. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Ulinsa, M.Hum Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efekttivitas pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 1 Bunobogu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran daring di kelas X SMA Negeri 1 Bunobogu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket/kuessioner dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari kelas Ipa dan kelas Ips dan memanfaatkan guru mata pelajaran bahasa Indonesia agar penelitian lebih representasif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar sebanyak 52% siswa menyatakan rasa senang saat pembejaran daring dan 52% siswa menyatakan mampu fokus saat pembelajaran daring berlangsung, Guru tersebut juga menyatakan bahwa siswa sudah cukup tuntas untuk hasil pembelajaran daring. itu terlihat di mana mereka sudah mulai aktif untuk melakukan proses pembelajaran, seperti sudah mampu memberikan pendapat, tugas di selesaikan secara tepat waktu, pembelajaran dimulai sesuai waktu yang terjadwal, dan sudah mulai adanya kreativitas siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Hal ini dikarenakan guru dan siswa telah menguasai perangakat pembelajaran yang digunakan sebagai media pembelajaran daring. Salah satu pernyataan yang ada berisi tentang proses pembelajaran terbilang efektif yaitu sebanyak 90% siswa menyatakan mudah memahami materi yang diberikan guru saat pembelajaran daring berlangsung, pernyataan tersebut menunjukkan bahwa teknik pembelajaran yang diterapkan oleh guru kepada siswa saat pembelajaran daring terbilang baik, sehingga siswa dengan mudah mampu memahami materi yang diberikan. Hanya saja mayoritas siswa mengalami hambatan pada biaya yang dikeluarkan untuk pembelajaran daring, dan minimnya kualitas jaringan, terkadang membuat pembelajaran daring jadi terkendala. Kata Kunci : Efektivitas pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia |