Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulCampur Kode Dalam Interaksi Jual Beli Di Pasar Inpres Manonda Palu
Nama: FAUZIA RAHMADANI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Fauzia Rahmadani. 2022. Campur Kode dalam Interaksi jual beli di Pasar Inpres Manonda Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Ali Karim, M. Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk campur kode dalam interaksi jual beli di Pasar Inpres Manonda Palu (2) Apakah yang menjadi faktor penyebab terjadinya campur kode dalam interaksi jual beli di Pasar Inpres Manonda Palu. Tujuan penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk campur kode dalam interaksi jual beli di Pasar Inpres Manonda Palu (2) untuk mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya campur kode dalam interaksi jual beli di Pasar Inpres Manonda Palu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, memahami lebih dalam menggunakan kata kata mengenai fenomena yang terjadi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode simak, dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik (1) obeservasi, (2) rekam, (3) catat dan (4) wawancara. Subjek penelitian ini adalah penjual dan pembeli ketika melakukan interaksi jual beli di Pasar Inpres Manonda Palu. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini (1) pengumpulan data (2) Reduksi data (3) penyajian data (4) verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bentuk campur kode yang terdapat pada interaksi jual beli di Pasar Inpres Manonda Palu, antara lain terdapat bentuk campur kode kata, yang terbagi menjadi tiga yaitu bentuk campur kode kata dasar, kata berimbuhan dan kata berulang. Bentuk campur kode frasa, dan bentuk campur kode klausa. Faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode antara lain faktor penutur dimana penutur terbiasa menggunakan bahasa ibunya, faktor mitra tutur, dimana lawan bicara mempengaruhi bahasa yang digunakan, dan faktor kebiasaan. Kata Kunci: Bentuk, Faktor, Campur Kode, Interaksi Jual Beli.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up