JudulIDENITIFIKASI KESULITAN GURU DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM DAN KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING OLEH SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 TINOMBO |
Nama: MOH. ISRA |
Tahun: 2022 |
Abstrak MOH.ISRA, (2021). Identifikasi Kesulitan Guru dalam Menggunakan Aplikasi Zoom dan Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran Daring oleh Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Tinombo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Sitti Harisah, S.Ag., M.Pd Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesulitan guru dalam menggunakan aplikasi zoom dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tinombo. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMP Negeri 1 Tinombo yaitu sebanyak 28 orang yang terdiri dari 7 orang guru dan 21 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesulitan yang dialami oleh guru dalam menggunakan aplikasi zoom yaitu pada fitur share screen. Sedangkan faktor yang paling mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran daring adalah faktor eksternal. Data tersebut diperoleh dari jawaban responden yang telah dibagi ke dalam dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Siswa yang mengalami kesulitan belajar bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran daring untuk faktor internal sebanyak 12,3?n untuk faktor eksternal sebanyak 21,2%. Kata Kunci : Identifikasi, Kesulitan Guru, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring |