JudulKEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMPN 23 AKO MENYIMAK BERITA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING |
Nama: RISDAYANTI M |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Risdayanti M 2023. “Kemampuan Siswa Kelas VIII SMPN 23 Ako Menyimak Berita Menggunakan Metode Problem Based Learning”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Sitti Harisah, S.Ag., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII SMPN 23 Ako menyimak berita menggunakan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah (Sugiyono, 2014:1). Jadi, penelitian ini menghasilkan data berupa kata-kata tertulis yang apa adanya dan tidak dimanipulasi oleh peneliti. hasil tes yang menggambarkan kemampuan menyimak siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia menyimak isi berita. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 23 Ako berjumlah 22 siswa. Sesuai data dan sumber data maka instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes unjuk kerja yaitu tes kemampuan siswa dalam menyimak berita menggunakan metode Problem Based Learning. Hasil penelitian mejunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh secara klasikal kemampuan siswa kelas VIII dalam menyimak berita menggunakan metode problem based learning yaitu 69,3% sehingga dapat disimpulkan kemampuan siswa kelas VIII dalam menyimak berita menggunakan metode problem based learning belum mencapai indicator keberhasilan yang dijadikan acuan dalam penelitian ini, sehingga dapat dikategorikan bahwa siswa kelas VIII SMPN 23 Ako belum mampu menyimak berita menggunakan metode problem based learning. Kata Kunci : Kemampuan Menyimak, Hasil Evaluasi Menyimak Berita |