JudulNILAI EDUKATIF DALAM CERITA RAKYAT SAMABARAGADING DI KABUPATEN BUOL |
Nama: SITI MARLIANA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Siti Marliana, 2021. Nilai Edukatif dalam Cerita Rakyat Sambaragading di Kabupaten Buol. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Efendi, M.pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana wujud nilai edukatif dalam cerita rakyat Sambaragading di Kabupaten Buol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai edukatif yang terdapat dalam cerita rakyat Sambaragading. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang dapat diamati. Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan ialah narasumber atau informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, teknik catat, teknik analisis, dan dokumentasi sebagai pelengkap dalam penelitian ini. Untuk prosedur teknik analisis data terdiri dari (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, (4) Penarikan kesimpulan. Hasil analisis data yang diperoleh bahwa nilai edukatif dalam cerita rakyat Sambaragading terdiri dari, (1) Nilai edukatif religious yang terdiri dari 3 sikap yaitu bersyukur, amanah, dan rendah hati, (2) Nilai edukatif moral yang terdiri dari 3 sikap yaitu sopan santun, percaya diri, dan kebahagiaan, (3) Nilai edukatif sosial yang terdiri dari 3 sikap juga yaitu bekerja keras, keberanian, dan saling menghargai kemudian nilai yang terakhir (4) Nilai edukatif budaya yang terdiri dari 4 sikap yaitu cinta tanah air, sejarah, toleransi, dan tradisi. Kata kunci : Nilai Edukatif, Cerita Rakyat Sambaragading. |