JudulRAGAM BAHASA IKLAN ANAK-ANAK DI MNC TV (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK) |
Nama: ZILFAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Zilfah. Ragam Bahasa Iklan Anak-Anak Di Mnc Tv (Kajian Sosiolinguistik). Dibimbing oleh Moh. Tahir Kalimat iklan beraneka bentuk, warna, dan bahasa. Hal ini menunjukan bahwa perkembangan bahasa suatu bangsa tergantung pada masyarakat pemakainya. Adanya kalimat iklan yang beraneka bentuk membuat peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang berhubungan dengan variasi bahasa dalam iklan anak-anak di televisi. Iklan televisi dikaji dari sudut pandang studi bahasa karena menggunakan bahasa sebagai sarana penyampai pesan, dengan kata lain terdapat penggunaan bahasa dalam sebuah paket iklan televisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kekhasan ragam bahasa pada iklan anak-anak di MNC TV dan untuk mengetahui fungsi bahasa iklan yang digunakan oleh iklan anak-anak di MNC TV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bentuk bahasa yang digunakan oleh iklan anak-anak di televisi adalah ragam bahasa dialek, ragam bahasa santai dan formal. Fungsi bahasa yang dipergunakan oleh iklan anak-anak di televisi, antara lain: sebagai sarana untuk memberikan informasi, menyuruh menggunakan produk, menarik konsumen, dan menginformasikan produk. |